GENPI Jogja dan Kontribusi terhadap Pariwisata


Mungkin banyak yang bingung, kenapa belakangan ini saya sering share tentang tempat wisata atau event yang ada di Jogja. Termasuk memberi ajakan untuk memberikan vote terhadap beberapa destinasi yang ada di jogja yang kebetulan masuk dalam nominasi anugrah penghargaan dalam event tertentu. Pertanyaan yang mungkin muncul sekarang kesibukan saya apa..Baiklah, dari pada saya musti jelasin satu persatu, saya akan bercerita..

Tentang Genpi Jogja

Jadi begini, semenjak tanggal 29 Agustus 2017 saya resmi menjadi salah satu relawan Genpi Jogja. Kok bisa? Ya karena memang dibuka kesempatan dan kemudian saya mendaftar...terus apa itu Genpi?
Genpi kepanjangan dari Generasi Pesona Indonesia, sebuah komunitas yang dibentuk kementrian pariwisata yang memiliki tujuan meningkatkan potensi wisata yang ada di Indonesia melalui promosi digital (go digital). Komunitas ini ada disetiap propinsi termasuk Jogja (ralat : belum semua, baru ada sekitar 10 Genpi di tingkat propinsi).

Genpi sendiri merupakan wadah yang berisi orang-orang dengan beraneka ragam latar belakang yang mempunyai minat dan ketertarikan yang sama untuk turut berkontribusi memajukan pariwisata yang ada di Indonesia dengan berpromosi di dunia maya melalui akun media sosial.

Selain terdiri dari para pengisi konten seperti blog, foto, ataupun video yang biasa bekerja secara online, anggota relawan Genpi Jogja juga terdiri teman-teman dari komunitas yang biasa bekerja secara offline, seperti komunitas malam museum, roemah toea, jemparingan langenastro, dll. Yang semua saling bersinergi, bekerja sama demi kemajuan pariwisata khususnya di kota Jogja.

Terus apa keuntungan jadi relawan Genpi jogja? Kalau bagi saya banyak, karena ini semacam menyalurkan minat saya yang sempat tertunda. Saya sangat suka belajar sejarah, dan suka dengan tempat-tempat bersejarah dengan segala adat istiadat yang ada di dalamnya. 

Dengan menjadi anggota Genpi Jogja, banyak info tentang kegiatan atau event budaya yang menarik yang bisa saya share dan saya ikuti. Termasuk info tentang destinasi wisata yang bagus untuk dikunjungi. Selain itu,  ini merupakan salah satu kontrinusi kecil saya di bidang pariwisata dengan menyebarkan konten tentang wisata di Yogyakarta khususnya,  Indonesia pada umumnya.

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter